Wednesday, May 25, 2011

BERPIKIR TENTANG YANG ADA DAN YANG MUNGKIN ADA DALAM FILSAFAT

Filsafat mempelajari banyak hal yang menyangkut tentang kehidupan sekitar kita. Baik yang sekarang, yang lalu ataupun yang akan datang. Atau yang etestika dan etika. Baik yang fital maupun yang vatal. Yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah mitos dan logos. Tidak bisa dipungkiri kalau kita hidup diantara mitos dan logos. Untuk dapat keluar dari mitos, saya mempelajari filsafat dari elegi – elegi yang bapak marsigit posting dalam blog. Untuk melihat sejauh mana saya mengetahui tentang filsafat, berikut ini rangkuman tanya jawab filsafat yang telah saya lakukan dalam tes jawab singkat.

Pendidikan matematika sangat berpengaruh terhadap karakter siswanya. Berikut ini cara pembentukan karakter terhadap pendidikan matematika. Agar dapat melakukan usaha implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan matematika maka sebaiknya menggunakan dimensi matematika material atau matematika pada dimensi transisi menuju matematika normal. Unsur utama yang paling penting dalam pembentukan karakter yaitu:

1. Pendidikan karakter melalui komunikasi material matematika

2. Pendidikan karakter melalui komunikasi formal matematika

3. Pendidikan karakter melalui komunikasi normatif matematika

4. Pendidikan karakter melalui komunikasi spiritual matematika

Dari keempat unsur di atas, komunikasi spiritual merupakan komunikasi terpenting, karena komunikasi spiritual matematika mampu menampung komunikasi yang ada dan yang mungkin ada. Komunikasi ini memuat komunikasi ke dalam dan komunikasi ke luar. Sehingga untuk mengimplementasikan pendidikan karakter sama saja dengan pengembangan dan inovasi pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan yang mencakup semua aspek pembelajaran matematika.

Masih banyak yang ada dalam filsafat, filsafat mengenalkan kepada saya beberapa hal, tentang siapa hantu yang terdapat dalam kelas RSBI, siapa orang yang tidak tahu apa – apa, siapa orang yang paling berbahaya di dunia ini, siapa penguasa di dunia ini, dan siapa yang paling seksi di dunia ini. Sangat sulit untuk menjawab jika kita belum pernah membaca elegi, tetapi filsafat memperkenalkan semuanya lewat elegi, berikut jawabannya:

Pertanyaan: Siapa nama hantu pada elegi Forum Tanya Jawab 2: Tema Hantu dan Kematian di kelas RSBI? Jawab : Hantu Casablanca

Pertanyaan: Siapa nama filsuf yang tidak tahu apa – apa? Jawab : Sokrates, karena menurut dirinya, ilmu adalah pertanyaan. Maka sebenar – benarnya ilmu sokrates adalah pertanyaanku.

Pertanyaan: Siapakah penguasa dunia itu? Jawab: Multi Faced, multi faced berarti bermuka banyak. Seorang yang multi faced adalah orang yang seperti memiliki lidah dua. Apa yang dikatakan tidak seperti apa yang dilakukan. Janji hanya sebatas janji. Tapi itu malah yang membuat mereka menguasai dunia ini. Menguasai dengan multi faced.

Pertanyaan: Apakah orang paling seksi dalam elegi Pak Marsigit? Jawab: Obama, namun bagi saya orang yang paling seksi di dunia ini adalah ibuku. Dia orang yang paling seksi di dunia ini. Yang pernah saya temui di dunia ini, ibuku lah yang merupakan orang yang paling seksi. Dengan kekuatannya beliau membangun sedikit demi sedikit membuka dunia ku, dari aku yang masih kecil, dari mata yang masih sayup – sayup dalam penglihatannya. Ketika saya masih sayu dalam penglihatanku, beliau yang mencoba membantu saya untuk melihat dengan jelas dunia yang indah ini, dengan cara setiap pagi diajak melihat matahari, melihat terangnya dunia di luar tanpa penerangan listrik. Begitulah usaha seorang ibu agar anaknya mampu membangun dunianya sendiri. Ibu hanya sedikit membantu bagaimana anaknya mampu membangun dunianya sendiri. Ketika saya sakit, ibu jugalah yang merawat saya sehingga saya mampu membangun duniaku kembali. Jika saya bilang orang yang paling seksi di dunia ini adalah pemain sinetron atau pemain film, itu mungkin jawaban orang dari sisi lain yang mengartikan seksi benar – benar seksi. Tapi bagi saya, orangyang paling seksi adalah orang yang mampu melakukan perubahan dan membantu orang lain (khususnya saya) untuk membangun dunia. Dan bagi saya orang yang pernah saya temui yang mampu melakukan perubahan dan membantu orang lain (saya) adalah ibu saya. Mungkin jika melihat kemungkinan yang ada di dunia yang belum saya temui, mungkin para filsuf dan ilmuwan yang mampu menemukan rumus, teorema, aksioma, dan lain – lain. Karena dengan adanya para filsuf dan ilmuwan kita bisa tahu hal yang mungkin sebelumnya belum pernah kita pikirkan.

Pertanyaan: Siapakah orang yang paling berbahaya di dunia ini? Jawab : diriku sendiri. Bagi saya untuk dapat menemukan orang yang paling berbahaya di dunia ini terlalu munafik jika kita mengatakan sulit atau terlalu sombong jika kita mengatakan mudah. Oarng yang paling berbahaya di dunia ini adalah aku, aku yang yang munafik tidak bisa mengakui bahwa diriku orang yang paling berbahaya di dunia ini dan aku yang sombong yang dengan lantang mengatakan bahwa aku menemukan orang yang paling berbahaya di dunia ini. Inilah sebenar – benarnya aku orang yang paling berbahaya di dunia ini. Kemudian ketika saya menunjuk orang lain menjadi orang yang paling berbahaya, aku juga merupakan orang yang paling berbahaya di dunia ini, karena menunjuk orang lain menjadi orang yang paling berbahaya di dunia ini. Ketika saya mengatakan dia bukanlah orang yang paling berbahaya di dunia ini. Aku juga merupakan orang yang paling berbahaya di dunia ini. Jadi sebenarnya orang ang berbahaya di dunia ini adalah diriku sendiri, yang sering menentukkan dan menunjuk menurut pendapat kita sendiri.

Itulah beberapa contoh bagaimana filsafat memperkenalkan orang – orang yang ada dalam filsafat yang ada dan yang mungkin ada. Selain itu filsafat masih memiliki beberapa hal yang juga berpengaruh dalam kehidupan kita, yaitu berpikir kritis secara intensif dan ekstensif. Bagaimana orang yang berpikir kritis, filsafat akan menjelaskan beberapa contoh bagaimana seseorang yang berpikir kritis. Orang yang berpikir kritis itu mampu keluar dari belenggu mitos. Orang yang berpikir kritis itu orang yang mampu memikirkan yang ada dan yang mungkin ada, sebagai contoh bagaimana caranya agar kita bisa terbang, hanya orang yang berpikir kritis yang mampu melakukannya.Bahkan gelar tertinggipun belum tentu mampu melakukannya. Karena sebenar – benarnya gelar tertinggi seorang mencari ilmu adalah hanyalah sebagai saksi keilmuannya. Jadi setinggi apapun gelar yang mereka dapatkan ataupun mereka raih, ternyata hanyalah sebagai saksi keilmuannya. Tidak sedikit orang yang memiliki gelar yang tinggi tetapi menganggur ataupun tidak memahami ilmu yang mereka dapatkan atau tidak dapat menggunakan ilmu yang mereka dapatkan dari gelar tersebut. Dengan berpikir kritis kita juga bisa dijauhkan dari sifat determinis yaitu sifat menentukan,sifat yang memaksakan ke hendak untuk oranglain. Karena determinis adalah orang yang paling berbahaya di dunia ini. Bahkan sebagian besar dari dosa kita tanpa sadar berasal dari determinis kita sendiri. Jadi berdosa sekali jika kita memaksakan kehendak kita terhadap oranglain.

Selain yang tertulis di atas, filsuf Immanuel khan mengatakan bahwa duniaku adalah pikiranku. Bahkan Immanuel khan juga menjelaskan bahwa pikiranku sekaligus pengalamanku. Tiadalah dirimu itu ada disitu tanpa pikiranku atau tanpa pengalamanku. Tetapi untuk mengetahui tentang dirimu aku harus berpikir kritis. Maka sebenar – benarnya dirimu adalah pikiranku yang kritis.jadi ilmu adalah pikiran kritismu. Selanjutnya Khan juga menerangkan bahwa tempat tinggalmu adalah dalam intuisi, padahal intuisi ada dua yaitu ruang dan waktu. Ruang dan waktu juga merupakan hal yang diperlukan untuk transformasi dunia. Karena ruang untuk tempat terjadi tranformasi dan waktu untuk menggapai proses transformasi. Jadi berfilsafat itu tidak akan terbebas dari ruang dan waktu.

Dalam bahasa filsafat yaitu bahasa analog, bahasa itu memiliki unsur berupa subyek dan predikat yang termuat dalam suatu kalimat. Suatu kalimat jika hanya berisi subyek saja atau predikat saja kurang memperjelas kata – kata. Atau belum memiliki makna atau arti yang jelas. Dalam filsafat secara subyektif itu diartikan sebagai diriku sendiri. Karena filsafat itu tidak lain dan tidak bukan adalah diriku sendiri. Bahkan para filsuf tidak dapat lari dari filsafat, itu dikarenakan filsuf adalah filsafat itu sendiri. Filsafat itu berpikir dan filsuf itu berpikir dengan filsafat. Jadi filsuf itu juga merupakan filsafat. Anti filsafat itu adalah filsafat itu sendiri. Untuk mendapatkan anti filsafat itu kita harus berpikir kritis, padahal filsafat juga berpikir kritis. Sehingga filsafat juga anti filsafat. Berikut beberapa unsur dan arti kiasan (bahasa analog) dalam filsafat:

Pertanyaan: Apa unsur dari reduksi?Jawab: Abstraksi, abtraksi adalah hal yang mampu kita pikirkan. Tak seorangpun mampu menerjemahkan kecuali jika aku menjelaskan atau mengatakan kepada kalian semua.

Pertanyaan: Apa unsur kelengkapan?Jawab: Idealisme, idealisme merupakan obyek yang berada dalam pikiran kita. Dan idealisme adalah suatu ajaran/faham atau aliran yang menganggap bahwa realitas ini terdiri atas roh-roh (sukma) atau jiwa. ide-ide dan pikiran atau yang sejenis dengan itu.

Pertanyaan: Sifat yang satu dijatuhi oleh sifat yang lain disebut?Jawab: Aksiden

Pertanyaan: Apa itu gunung super? Jawab: Danau Toba, berdasarkan referensi yang diberikan Bapak Anggit Prabowo. Yang terdapat dalam forum tanya jawab 52: terungkapnya misteri gunung super. Di dalam elegi tersebut dijelakan asal mula danau toba, dimana letaknya dan seperti apa spesifikasi dari danau toba.

Pertanyaan: Apa filsafat dari hidup adalah pilihan? Jawab: Reduksitisme, reduksitisme merupakan paham yang mengurangi segala sesuatu untuk menjadi satu pilihan.

Pertanyaan: Apa filsafatnya burung berkicau pagi hari? Jawab: Inovasi, inovasi merupakan suatu perubahan ke arah yang lebih baik, inovasi berkaitan dengann kreativitas dan berfikir kritis.

Pertanyaan: Apa filsafatnya jangkring mengerik sore hari? Jawab: Tradisional, jangkrik hanya bisa kita dengar di daerah pedesaan yang masih penuh dengan tumbuhan-tumbuhan, dan sawah yang banyak terdapat jangkrik.Pertanda malam sudah datang. Dalam konteks membangun dunia, tradisional adalah untuk mencerdaskan.

Pertanyaan: Apa sesuatu yang tidak pernah selesai? Jawab: Infinite Regress, Infinite berarti tidak memiliki batas, tidak memilki batas berarti kita tidak tahu dimana hal ini akan selesai. Sebagai contoh infinite regress adalah debat kusir.

Itulah filsafat yaitu ilmu yang mempelajari segala aturan dan hukum – hukum. Karena filsafat merupakan ilmu memberikan kebebasan bagi manusia untuk menggunakan akal pikirannya dalam rangka aturan-aturan dan hukum-hukum Yang Maha Kuasa. Aturan-aturan tersebut bisa saja berupa gejala alam yang terjadi di sekitar kehidupan manusia itu sendiri.

Referensi:

http://powermathematics.blogspot.com/

2 comments:

  1. "Karena filsafat merupakan ilmu memberikan kebebasan bagi manusia untuk menggunakan akal pikirannya dalam rangka aturan-aturan dan hukum-hukum Yang Maha Kuasa."

    kalimat yg ini kq susah dipahami ya..

    ReplyDelete
  2. seperti ini penjelasanannya Filsafat itu ilmu yang memberikan kebebasan bagi manusia untuk menggunakan akal pikirannya, dalam menggunakan akal pikirannya itu masih tetap mengikuti norma atau aturan - aturan dan hukum - hukum dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan kata lain, kebebasan yang bertanggungjawab.
    maaf jika masih banyak kesalahan, saya masih dalam belajar filsafat.

    ReplyDelete